Jumat, 28 November 2014

SK Gubernur Jabar UMK 2015 di 27 Kabupaten

Assalaamu 'alaikum wr.wb doeloer kumaha daramang? piye kabare? apa kabar? :D
adakah yang kangen dengan posting baru dari kabayan? ada dooonk biar kabayan semangat hehe :)

OK kali ini kabayan mau posting sesuatu yang penting terutama untuk para pekerja khususnya di Jawa Barat dan umumnya di Indonesia,,, apakah itu??? yups sesuai judul pada posting kali ini kabayan mau kasih tau tentang hasil perjuangan para buruh yang menuntut upah untuk memenuhi Kebutuhan Hidup Layak alias KHL,,,oke langsung saja berikut inti Surat Keterangan Gubernur Jawa Barat mengenai Upah Minimun Kabupaten/Kota (UMK).Pengumuman disampaikan di MarkasPusat Kesenjataan Infanteri, Jalan Supratman, Kota Bandung, Jumat (21/11/2014). Keputusan Gubernur tersebut ditetapkan dalam surat keputusan dengan nomor surat 560/Kep.1581-Bangsos/2014. Nilai UMK yang telah ditetapkan berlaku untuk tahun 2015 mendatang.



No
Kota/Kabupaten
Upah Lama Tahun 2014
Upah Baru Tahun 2015
UP (%)
1
Kabupaten Garut
Rp 1.085.000
Rp 1.250.000
15,21
2
Kabupaten Tasikmalaya
Rp 1.279.329
Rp 1.435.000
12,17
3
Kota Tasikmalaya
Rp 1.237.000
Rp 1.450.000
17,22
4
Kabupaten Ciamis
Rp 1.040.928
Rp 1.131.862
8,74
5
Kota Banjar
Rp 1.025.000
Rp 1.168.000
13,95
6
Kabupaten Pangandaran
Rp 1.040.928
Rp 1.165.000
11,92
7
Kabupaten Majalengka
Rp 1.000.000
Rp 1.245.000
24,50
8
Kota Cirebon
Rp 1.226.500
Rp 1.415.000
15,37
9
Kabupaten Cirebon
Rp 1.212.750
Rp 1.400.000
15,44
10
Kabupaten Indramayu
Rp 1.276.320
Rp 1.465.000
14,78
11
Kabupaten Kuningan
Rp 1.002.000
Rp 1.206.000
20,36
12
Kota Bandung
Rp 2.000.000
Rp 2.310.000
15,50
13
Kabupaten Bandung
Rp 1.735.000
Rp 2.001.195
15,31
14
Kabupaten Bandung Barat
Rp 1.738.476
Rp 2.004.637
15,31
15
Kabupaten Sumedang
Rp 1.735 473
Rp 2.001.195
15,31
16
Kota Cimahi
Rp 1.569.353
Rp 2.001.200
15,31
17
Kota Depok
Rp 2.397.000
Rp 2.705.000
12,85
18
Kabupaten Bogor
Rp 2.242.240
Rp 2.590.000
15,51
19
Kota Bogor
Rp 2.352.350
Rp 2.658.155
13,00
20
Kabupaten Sukabumi
Rp 1.565.922
Rp 1.940.000
23,89
21
Kota Sukabumi
Rp 1.350.000
Rp 1.572.000
16,44
22
Kabupaten Cianjur
Rp 1.500.000
Rp 1.600.000
6,67
23
Kota Bekasi
Rp 2.441.954
Rp 2.954.031
20,97
24
Kabupaten Bekasi
Rp 2.447.445
Rp 2.840.000
16,04
25
Kabupaten Karawang
Rp 2.447.450
Rp 2.957.450
20,84
26
Kabupaten Purwakarta
Rp 2.100.000
Rp 2.600.000
23,81
27
Kabupaten Subang
Rp 1.577.959
Rp 1.900.000
20,41
*Daftar UMK mulai di tetapkan pada awal tahun 2015.

 
Nah bagi doeloer yang berprofesi sebagai buruh di jawa barat sudah pada tau kan sekarang UMK nya berapa,jadi kalo kurang dari nilai tersebut bisa komplain tuh ke perusahaan kalo perlu demo lagi hahaha kaya dokumentasi foto berikut ini yg kabayan copas dari sumber




Walaupun sudah ditetapkan oleh pemerintah jawabarat, para pekerja masih ingin berdemo untuk meminta UMK kabupaten bekasi yang di inginkan pekerja yaitu sebesar 3,6 Juta atau sekitar 30%. Aksi ini rencananya akan dilakukan pada tanggal 10 dan 11 Desember 2014.berdasarkan surat keputusan KSPI.
berikut kabayan informasikan pula UMK/UMR per SEKTOR khusus untuk kabupaten Bekasi dan Karawang.
UMK / UMR GAJI PER SEKTOR
UMK Kabupaten Bekasi sebesar Rp. 2.840.000. Berikut Rincian UMK Per sektor
- Kelompok 1 atau sektor 1 (sektor metal, elektronik, dan otomotif):  Rp. 3.266..000,
- Kelompok 2 atau sektor 2 (sektor kertas dan kayu) Rp. 3.124.000 dan
- Kelompok 3 atau sektor 3 (sektor garmen, aneka industri) Rp. 2.896.800.
- Sektor rumah sakit sebesar Rp. 2.466.696,

UMK / UMR GAJI PER SEKTOR
UMK Karawang sebesar Rp. 2.957.450. Berikut Rincian UMK Per sektor
- Kelompok 1 atau sektor 1 (sektor metal, elektronik, dan otomotif):  Rp. 3.412.590,
- Kelompok 2 atau sektor 2 (sektor kertas dan kayu) Rp. 3.249.575 dan
- Kelompok 3 atau sektor 3 (sektor garmen, aneka industri) 2.970.000.

UMK Karawang menempati posisi tertinggi se-Jawa Barat dan lebih besar dari upah minimum Kota Bekasi atau selisih Rp 3.419. Tahun lalu (2014) Kabupaten Bekasi menempati peringkat teratas, namun untuk tahun depan (2015) UMK karawang lebih tinggi. karena angka kebutuhan hidup layak (KHL) karawang lebih tinggi.Selamat ya buat rekan buruh di karawang,kami turut bahagia :)


Itulah inti dari SK Gubernur Jabar untuk UMK 27 Kabupaten,semoga posting ini bermanfaat walaupun hasil copas hihihi :D dan buat buruh bekasi bergerak jika agenda Monas Jilid 3 jadi sampai ketemu aja ya.

Selasa, 30 September 2014

SUBHANALLOH MADU MAMPU MENGATASI RESISTENSI ANTIBIOTIK

Assalaamu 'alaikum warahmatullaah wa barokaatuh,

apa kabar doeloer semua,semoga kalian selalu baik apalagi awal bulan sepertinya pada baik ya :D
membahas hal baik baik kali ini kabayan mau posting tentang salah satu minuman yang disenangi Rosululloh S.A.W yakni madu

ya salah satu minuman yang dihasilkan oleh lebah ini memang banyak manfaatnya untuk kesehatan dan
pasti kita juga suka kan dengan madu? namun sebagian besar wanita katanya tidak suka di madu :D hihihi (ya jelas atuh borokokok kalo itu mah!)
oia sebelum dilanjut mungkin akan banyak istilah aneh dari bidang kedokteran jadi jangan heran (emang ente sekolah dikedokteran kabayan???) emmmh kasih tau ga ya? :D bukan,ini karena kabayan kutip dari sahabat di G+ qiqiqi :)
oke deh langsung saja kabayan sampaikan beberapa manfaat madu yang salah satunya sebagai antibiotik sebagai berikut :

Ketika Anda terkena batuk, pilek atau sakit tenggorokan, Anda dapat mengobatinya dengan madu. Selain rasanya enak, madu membantu menguatkan daya tahan tubuh dan bertindak sebagai antibiotik. Sifat antibakteri dari madu memungkinkan lebah untuk menyimpan madu di alam terbuka dalam waktu lama tanpa membusuk.

Penelitian terkini menunjukkan bahwa madu mungkin juga dapat mengatasi resistensi antibiotik. Resistensi antibiotik adalah kondisi yang terjadi ketika bakteri secara bertahap semakin kebal terhadap obat yang sebelumnya membunuh mereka. Hal itu terjadi karena penggunaan antibiotik yang tidak tepat atau berhenti sebelum waktunya (putus obat). Resistensi antibiotik membuat kita harus meminum obat antibiotik alternatif yang biasanya lebih mahal dan mungkin memiliki lebih banyak efek samping.

KEUNGGULAN MADU SEBAGAI ANTIBIOTIK

Penelitian yang dipimpin oleh Susan M. Meschwitz dari Salve Regina University di Newport, AS, mendapati bahwa madu memiliki banyak keuntungan dibandingkan obat-obatan antibiotik.

“Keunikan madu terletak pada kemampuannya untuk melawan infeksi pada berbagai tingkatan, sehingga lebih sulit bagi bakteri untuk mengembangkan resistensi,” katanya. Kandungan dan sifat madu seperti hidrogen peroksida, keasaman, efek osmotik, konsentrasi gula tinggi dan polifenol secara aktif membunuh sel-sel bakteri. Efek osmotik, yang dihasilkan oleh konsentrasi gula yang tinggi dalam madu, menarik air dari sel-sel bakteri, membuat mereka terdehidrasi dan mati.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu menghambat pembentukan biofilm. Biofilm adalah zat yang terbentuk ketika bakteri menempel pada permukaan di lingkungan yang berair dan kemudian mengeluarkan lendir. Biofilm menyebabkan berbagai penyakit seperti otitis media, endokarditis, cystic fibrosis, dan infeksi yang didapat di rumah sakit dari permukaan kateter, implan medis, atau perangkat medis lainnya. Biofilm sangat resisten terhadap antibiotik. Akibatnya, antibiotik dosis tinggi dalam jangka panjang sering diperlukan untuk memberantas infeksi yang terkait dengan biofilm.

Madu juga dapat mengganggu “quorum sensing”, yang melemahkan virulensi bakteri. “Quorum sensing” adalah cara bakteri saling berkomunikasi dan mungkin diperlukan dalam pembentukan biofilm. Pada jenis bakteri tertentu, sistem komunikasi ini juga mengontrol pelepasan racun, yang memengaruhi kemampuan mereka untuk menyebabkan penyakit.

Meschwitz lebih lanjut menyebut keuntungan lain dari madu adalah tidak seperti antibiotik konvensional, madu tidak menargetkan proses pertumbuhan esensial bakteri. Penargetan itu adalah dasar kerja antibiotik konvensional yang menyebabkan bakteri membangun resistensi terhadap obat.

Kombinasi madu dengan obat antibiotik
Para ilmuwan di University of Technology di Sydney meneliti bagaimana madu dapat bekerjasama dengan antibiotik. Mereka mempelajari efek madu Manuka dari Selandia Baru yang dikombinasi dengan Rifampisin. Antibiotik ini sering menghadapi resistensi bakteri Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA), misalnya strain bakteri yang menyebabkan infeksi kulit kronis yang sulit sembuh.

Gabungan madu dan Rifampisin ternyata memusnahkan bakteri jauh lebih efektif daripada Rifampisin saja. Jumlah patogen yang resisten tidak meningkat dalam pengobatan kombinasi itu, yang biasanya terjadi ketika pengobatan hanya dengan Rifampisin. Bagaimana mekanisme kerjasama madu dengan Rifampisin, para peneliti belum mengetahui.

Karena pengobatan dengan madu efektif, dosis Rifampisin dapat dikurangi dalam perawatan luka. Pengurangan tersebut tidak hanya menurunkan risiko bakteri mengembangkan resistensi, tetapi juga mengurangi efek samping antibiotik.

Nah demikian penjelasan hebatnya ciptaan Alloh S.W.T yang bernama madu,maka dari itu mari kita sebagai hamba yang beriman untuk terus bersyukur akan segala ni'mat Nya.dan sampai ketemu lagi ya dipostingan berikutnya,jangan bosan untuk mampir :) semoga bermanfaat.

Jumat, 26 September 2014

Kumpulan Kata Bijak Penuh Hikmah Buya Hamka

Assalaamu 'alaikum doeloer,bagaimana kabarnya kali ini setelah membaca posting2 kabayan sebelumnya? mual kah,pusing kah hehehe semoga ga menimbulkan efek samping,
emmmhh,,,kali ini kabayan sedang ingin posting koleksi kata bijak yang penuh hikmah dari seorang tokoh islam indonesia ternama,yupz beliau adalah H.Abdul Malik Karim Amirullah atau yang kita kenal dengan buya hamka yang mana kata kata beliau ini sangat berbobot walaupun cuma beberapa kata karena beliau berkata dibarengi ilmu nah berikut kutipan kata kata hikmah beliau yang sudah kabayan bentuk sedemikian rupa jadi gambar kata :) dengan harapan bisa jadi motivasi,inspirasi atau bisa juga buat wallpaper doeloer semua.
Demikian kata kata buya hamka yang penuh hikmah ini koleksi kabayan,barangkali doeloer masih punya yang lain mohon sharenya ya dikolom komentar :) semoga bermanfaat.

Kamis, 18 September 2014

Subhanalloh,,, ZAITUN THE MAGIC OIL (Zaitun si Minyak Ajaib)

Assalaamu 'alaikum warahmatulloh wabarokatuh doeloer,,,jumpa kembali dengan si Borokokok  yang ngangein qiqiqi :D oke kali ini kabayan mau share post yang in sya Alloh bermanfaat nih,,,jadi jangan pada bosen ya :) (kabayan,kita ga bosen dengan postingan blog ente cuma kita bosen dengan keborokokokan ente :P) biarin lah ga apa yang penting tebar manfaat betul ga :) berikut seperti biasa kabayan menemukan artikel yang bagus tentang minyak zaitun  pada tau kan??? itu lho yang adiknya mandra di film Si Doel Anak Sekolah hehe (lah itu mah pan si atun kabayan!!!) hehe minyak zaitun tu kalo bahasa araringinya olive oil doeloer ingat olive oil ye bukan olive popeye :) ya udah dari pada jadi pada BeTe bercanda terus berikut kehebatan minyak zaitun si minyak ajaib



Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang disebutkan Allah dalam kitab-Nya. #minyakajaib
Nanti buka sendiri ya al-qur'an, di beberapa ayat disebutkan tentang pohon ini.Rasulullah S.A.W sendiri sangat menggemari minyak zaitun ini, sehingga beliau sering melumuri rambut beliau. #minyakajaib
Kenapa minyak ini merupakan miyak yang luar biasa, nah inilah dia rahasianya. #minyakajaib


itu beberapa surat yang menyebutkan tentang zaitun
la syarqiyyati walaa ghorbiyyah..tidak tumbuh di barat atau di timur, maksudnya apa?
Ternyata, geografis pohon zaitun ini ternyata sejak pagi hingga petang mendapat sinar matahari secara sempurna.Dengan geografis seperti itu ternyata zaitun mendapat sinar matahari secara sempurna.
So, kalau dapat sinar matahari sempurna, pohon ini mendapat klorofil atau anti oksidan yang tinggi Akhirnya, dengan posisi seperti itu, bisa dikatakan zaitun merupakan minyak anti penuaan.
Kalimat " tidak di barat, tidak di timur" ini ternyata diartikan oleh sebagian mufassir bahwa zaitun terbaik adalah Zaitun yang tumbuh di negeri yang tidak berada di kedua tempat tadi, alias ditengah-tengah, dan mereka menyebutnya syam.Nah, dari sinilah para ulama itu menyebutkan bahwa minyak zaitun terbaik ada di syam (damaskus, suriah dan negeri2 timur tengah) lainnya.
Luar biasanya minyak ini adalah kandungan asam lemak tak jenuhnya yang tinggi.Tingginya asam lemak tak jenuh ini membuat zaitun plus antioksidan didalamnya memberi manfaat besar untuk organ2
Mulai dari otak, zaitun mengandung omega3,  sehingga sangat bermanfaat bagi yang agak2 lelet mikirnya..hehe.
Biar anak2 dan ortunya pada pinter, minumin tu minyak zaitun.Kandungan vitamin2 yang larut dalam lemak pada zaitun membuat minyak ini sangat baik ‘tuk perbaikan saraf.kandungan vit E pada zaitun dapat membantu dan menjaga otak, jantung, pembuluh darah tetep baik.Baiknya adalah ia mempertahankan elastisitas kulit dan pembuluh darah dengan vitamin E tadi.
Dengan kandungan ini, zaitun merupakan pilihan ideal bagi yang mau rambutnya kuat, dan panjang.Nah, antioksidan, vitamin C, vitamin E, protein dan senyawa alkaloid lainnya membuat minyak ini menjadi #minyakajaib deh.

pengalaman sumber berjumpa dengan sahabatnya di bali, seorang ibu2, usianya 52, tapi kalau liat wajahnya? 35 an..dia pun kaget.Jadi rahasia minyak ini ternyata minyak anti tua,Ternyata dia (ibu tadi) minum minyak zaitun udah hampir 3 tahunan dan subhanallah..dia masih (maaf) haid..berarti ini minyak benerin reproduksi juga.Selanjutnya ternyata minyak ini adalah jenis minyak emolien, artinya ini minyak bisa untuk pelembut feses atau tinja jadi kalau udah makan papaya 1 ton, nanas 1 ton, pisang 1 ton, belum keluar2 juga tu feses, minumlah #minyakajaib ini.Sudah banyak penelitian tentang minyak ini, minyak berkah kalau kata Rasulullah S.A.W

Masih kurang? minyak ini juga bisa membantu mencegah kanker usus, karena kemampuannya ‘tuk bersihkan usus.Termasuk untuk luka2. Balurin luka dengan minyak ini, insyaa Allah luka akan cepet sembuh.
Minum zaitun sebelum tidur, kalau sekarang udah punya, coba minum satu sendok, besok laporan ke saya gimana BAB-nya, biasanya nyaman sekali.
Ditambah 1 sdm madu, insyaa Allah zaitun sangat membantu membersihkan pencernaan.Dan bagi penderita maag, zaitun juga sangat baik ‘tuk dikonsumsi, insya Allah sangat membantu.
Masakan2 dirumah, coba taburin zaitun, insya Allah akan menjadi lebih lezat, apalagi ditambah minyak wijen.Dalam penanganan luka, zaitun+madu dengan perbandigan 50:50 bisa jadi obat luka yang sangat baik.
Caranya, ambil zaitun, campurin madu, cemplungin kasa ke sana, setelah basah dengan larutan itu tempelkan ke luka.

Ibu2 hamil juga coba rutinkan juga minum minyak ini 1 sdm sehari, insya Allah persalinannya lancar
Termasuk yang bersalin dan agak sulit bersalinnya, bisa dilakukan penyiraman minyak zaitun ‘tuk membantu persalinan.
Sebenarnya minyak ini dan beberapa minyak yang mengandung lemak tak jenuh gugus tunggal itu bermanfaat banget bagi jantung.Ni tanya2 ama bidan herbalis-nya, tentang minyak zaitun ‘tuk persalinan, akun @RolizzahHutapea
Gradasi zaitun, extravirgin olive oil, virgin olive oil, refined olive oil Yang paling baik adalah EXTRAVIRGIN OLIVE OIL.
Diolesin tipis dimuka juga sangat baik, ngencengin kulit insya Allah.Diluar itu semua yang paling disuka adalah keberkahan dari minyak zaitun ini Rasulullah S.A.W mendoakan 3x minyak ini, Ya Allah berkahi minyak zaitun, sampai 3x

Eh jangan beli yang kosmetik ya..itu bukan buat minum lo..udah dicampur lagi..cari yang tadi saya sebutin, “extravirgin olive oil.”
Minyak2 yang mengandung asam lemak tak jenuh, baik ‘tuk diminum: zaitun, wijen, biji anggur, habatussauda,
Jangan minum minyak zaitun yang untuk kosmetik ya..bahaya..itu bukan buat minum.
Bumil boleh minum? boleh. minumlah 1sdm sehari, sudah cukup.
Bayi? kalau dibawah 6 bulan, ibunya aja yang minum, biar nanti via asi.kalau ga ada tulisan “extravirgin olive oil” ga usah minum ya
VCO boleh? boleh, cuma ga ada haditsnya..hehe..bagus juga kok..gugus lemaknya juga mudah dicerna tubuh.Karena minyak is lemak, lemak is sumber energi juga, minum minyak2-an ini tu bikin kenyang lo.

Pertanyaan :
1. Kalau untuk bayi 10 bulan, dosis minyak zaitun per hari nya berapa sendok? Dan kalau buat ibu menyusui berapa sendok?
Jawaban : Bayi 10 bulan setengah 1 sdt minyak zaitun udah cukup, ibunya bisa 1-2 sdm insyaa Allah cukup..
2. Buat yang kulit wajahnya berminyak >> diolesin tipis...tambahin madu.
3. Untuk wasir, diminum dan dioles.


Ada beberapa jenis minyak zaitun. Berdasarkan International Olive Oil Council (IOOC) yang berpusat di Spanyol.
Minyak zaitun di bagi menjadi Minyak zaitun untuk konsumsi dan tidak untuk konsumsi.

Beberapa jenis Minyak Zaitun untuk KONSUMSI terdiri dari:

1.Extra Virgin Olive Oil
Extra Virgin Olive Oil merupakan minyak yang dihasilkan dari proses penggilingan dingin atau cold processing.
Minyak ini mengandung asam bebas (free acidity) yang ditunjukkan dengan asam oleat-tidak lebih dari 0,8% sehingga dinilai minyak yang superior.
Minyak Zaitun extra virgin merupakan jenis minyak Zaitun yang paling murni karena merupakan hasil ekstraksi pertama dari buah Zaitun. Warna minyak ini biasanya kehijauan dan memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam.
Minyak ini tidak bagus untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Minyak Zaitun ekstra virgin lebih baik dikonsumsi dengan cara diminum atau digunakan sebagai campuran makanan seperti salad atau sayuran yang direbus.

2.Virgin Olive Oil
Virgin olive Oil yang berkualitas lebih rendah dari extra virgin olive oil. Kandungan free aciditynya lebih besar, yaitu tidak lebih dari 2%.
Minyak Zaitun murni berwarna hijau kekuningan dan merupakan hasil dari proses lanjutan minyak Zaitun ekstra virgin. Minyak Zaitun jenis ini bisa digunakan sebagai campuran masakan dan untuk menumis.

3.Ordinary Virgin Olive Oil.
Ordinary Virgin olive oil yang merupakan jenis Inferior. Batas tingkat free acidity paling tinggi,yaitu tidak lebih dari 3,3 %
Minyak Zaitun sulingan merupakan jenis minyak Zaitun yang mengalami proses penyulingan lanjutan. Warnanya kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis.
Minyak Zaitun jenis ini dapat ditemukan di pasaran dengan harga yang lebih murah dibandingkan kedua jenis minyak Zaitun di atas. Minyak Zaitun memang menyehatkan tetapi jika digunakan dengan tidak tepat, maka dapat merusak kandungan di dalamnya.
Minyak Zaitun tidak dapat digunakan untuk menggoreng karena sifatnya yang tidak tahan terhadap pemanasan yang tinggi. Bila dilakukan, maka ikatan kimia di dalam minyak Zaitun dapat rusak dan dapat berubah menjadi zat berbahaya bagi tubuh.
Apabila digunakan untuk memasak, bisa digunakan untuk masakan tumis karena pemanasan tidak berlangsung lama. Jika dipakai untuk menggoreng, asam lemak tak jenuh justru lebih mudah membentuk akrilamida, radikal bebas, dan lemak trans yang berbahaya karena sifatnya yang mudah bereaksi.
Karena itulah, penggunaannya hanya dapat diminum secara langsung, sebagai tambahan salad atau sayuran, dan untuk menumis. Tidak untuk menggoreng.
Hal lain yang perlu Anda ingat, cahaya dapat merusak komponen-komponennya, jadi minyak Zaitun hendaknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Selain itu, penggunaannya tidak boleh melebihi 4 gram per hari.

Minyak Zaitun TIDAK UNTUK KONSUMSI antara lain:

1. Lampante Olive Oil
Lampante oil dibuat dari buah yang berkualitas rendah atau proses yang kurang baik. Minyak ini yang dipakai sebagai campuran bagi industri sabun dan lainnya.

2. Pomace Olive Oil
Pomace Olive oil terbuat dari ampas proses pembuatan extra virgin olive oil dan virgin olive.Pomace umumnya sangat jarang dijual di pasaran.

sekian doeloer penjelasan dan pemaparan si minyak ajaib ZAITUN yang diberkahi,semoga bermanfaat. :)

Rabu, 17 September 2014

AWAS BAHAYA MENGOREK TELINGA !!!

 TERNYATA TELINGA SEUMUR HIDUP TAK PERLU DIBERSIHKAN.
"TULISAN INI WAJIB DIBACA UNTUK KESELAMATAN ANDA"

Assalaamu 'alaikum doeloer apa kabarnya saat ini?semoga baik semua ya :) ini ada informasi penting yang kabayan pikir perlu untuk disampaikan,cerita berikut adalah dari pengalaman pembuat penjelasan ini karena ini hasil copy paste hihihi tapi bisa dijadikan tambahan pengetahuan lho :D berikut ceritanya :

Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kejadian yang tak disangka-sangka. Lebih tepatnya yang mengalaminya anak dari adiknya kakek saya yang kini sudah meninggal. Awal penyebab meninggalnya simpel, dia punya kebiasaan “ngileni” atau mengorek telinga dengan ujung bulu ayam. Kebiasaan yang seolah-olah tak berbahaya sama sekali.

KRONOLOGI KEJADIAN
Awalnya, paman saya hanya merasakan sakit di salah satu telinganya hingga tak tahan. Bukan karena sakitnya, tapi risih dengan rasa sakit kecil yang dirasakan berhari-hari. Dia diperiksakan ke dokter umum dan sakitnya hilang. Dua minggu kemudian, sakitnya timbul lagi. Kali ini harus dirawta oleh dokter spesialis THT dan harus menjalani perawatan pembersihan telinga seminggu dua kali. Karena menyepelekan nasehat dokter, paman saya enggan periksa setelah perawatan kedua. Ia merasa sudah sehat dan tak merasakan sakit lagi. Dua minggu kemudian, tiba-tiba ia pingsan selama beberapa menit dan setelah sadar ia tak bisa diajak berkomunikasi selama beberapa jam.

Pada hari itu juga, paman dibawa ke RS di Klaten dan harus menjalani rawat inap. Kondisinya memburuk dan harus dirujuk ke RS di Jogja yang peralatannya lebih lengkap. Setelah diperiksa dokter, diputuskan harus dioperasi otaknya karena “kuman” infeksi dari telinga itu sudah masuk ke otak. Persiapan operasi itu diperkirakan butuh waktu satu bulan, namun baru dua minggu dirawat paman sudah tak tertolong dan akhirnya meninggal.innalillahi wa inna ilaihi roji'un :'(

mungkin setelah baca kisah diatas,doeloer2 punya pertanyaan begini "apakah benar mengorek telinga bisa menyebabkan infeksi dan infeksinya bisa menjalar ke otak?". Dan inilah info yang perlu doeloer2 ketahui.

SUSUNAN TELINGA


Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan agar kedua fungsi tersebut berjalan, telinga harus dijaga. sayang, banyak orang yang kadang salah dalam hal menjaga kebersihan telinga. misalnya, mengorek telinga.

Telinga terdiri dari telinga luar, tengah dan dalam.(catet yeee) :)
Ketiga bagian ini bekerjasama menangkap gelombang suara dan menjadikannya bunyi yang nyata. Awalnya, gelombang suara diterima oleh telinga luar. Telinga luar sendiri terdiri dari daun dan liang telinga. Daun telinga menampung suara, yang kemudian disalurkan ke liang telinga. Dari liang telinga, suara kemudian masuk ke telinga tengah melalui gendang telinga (ingat gendang telinga bukan gendang dangdut) :D.
Di belakang gendang telinga, terdapat tulang pendengaran yang bentuknya menyerupai rantai. Tulang-tulang ini saling berhubungan pada sendi dan berfungsi mengantarkan gelombang suara hingga menggetarkan gendang dan sampai ke telinga dalam.

Di telinga dalam terdapat alat penerima yang disebut rumah siput. Di dalam rumah siput terdapat ujung-ujung saraf, cairan, dan organ yang mengambang. Gelombang suara yang dihantarkan gendang dan tulang telinga akan menggetarkan cairan dalam rumah siput, sehingga membuat organ yang mengambang bergerak dan menyentuh ujung-ujung saraf pendengaran. Proses yang tadinya menggunakan tenaga mekanik kemudian diubah menjadi tenaga listrik, dan disampaikan ke otak sehingga kita mendengar suara.

Sementara sebagai alat keseimbangan, prosesnya lebih kompleks. Proses terjadi di telinga dalam. Telinga bekerjasama dengan organ lain seperti mata, sendi-sendi, otak dan lainnya. Jika ada dua organ yang tidak berfungsi, maka keseimbangan kita pun akan hilang.(apakah sampai sini ada pertanyaan? sebaiknya tidak ya karena kabayan bukan ahli apalagi Dr.THT) :)

BAHAYA MENGOREK

Bentuk telinga dirancang untuk mengantisipasi masuknya kotoran. Liang telinga yang bersudut membuat kotoran, seperti debu atau serangga, sulit menembus bagian yang lebih dalam. Tugas menghalau kotoran juga dilakukan kelenjar rambut yang terdapat di bagian depan setelah liang telinga. Di sini juga diproduksi getah telinga yang bernama serumen. Kita lebih mengenalnya sebagai tai telinga atau getah. Tai telinga inilah yang akan menangkap kotoran dan dengan sendirinya membersihkannya.

Orang sering salah kaprah menyangka tai telinga sebagai kotoran. Padahal, fungsinya sangat penting untuk membersihkan kotoran yang masuk. Secara alamaiah, kotoran yang masuk akan kering dan keluar sendiri. Tai telinga tidak usah dibuang, kecuali jika menggumpal dan menyumbat liang telinga sehingga menghalangi masuknya gelombang suara ke telinga dalam. Lagipula, tak banyak kasus orang yang mengalami penggumpalan getah ini.

Dalam kadar normal, tai telinga hanya menutupi permukaan dinding telinga. Jika dibersihkan, getah akan diproduksi lagi. Maka, telinga sebaiknya tidak dibersihkan dengan cara dikorek. Cukup bersihkan bagian luar saja, yaitu daun dan muara liang telinga.(salah satunya dengan wudhu) Bagian lebih dalam dari itu, seumur hidup pun tak perlu dibersihkan.

Salah satu yang sering dilakukan orang adalah mengorek telinga. Tak banyak yang tahu, mengorek telinga justru akan mengakibatkan terdorongnya getah telinga ke bagian yang lebih dalam yang bukan tempatnya. Jika getah ini dibersihkan, maka getah akan diproduksi lagi. Jika pengorekan dilakukan terus-menerus, getah yang
terdorong akan menumpuk dan menyumbat, sehingga pendengaran pun menurun karena gelombang suara tak bisa disalurkan dengan baik.

Mengorek telinga juga bisa mengakibatkan perbenturan sebab telinga kita bentuknya bersudut. Perbenturan ini akan mengakibatkan pembengkakan atau perdarahan. Pengorekan yang terlalu keras atau dalam juga bisa mengakibatkan trauma, ditambah dinding telinga kita mudah berdarah.

Masih ada lagi, mengorek telinga juga bisa bikin kolaps. Anda mungkin pernah mengalami batuk-batuk saat mengorek kuping. Nah, hal ini disebabkan adanya refleks saraf pagus yang terdapat di dinding telinga. Saraf pagus membentang ke tenggorokan, dada sampai perut. Batuk-batuk adalah refleks yang ringan. Refleks yang berat dan berbahaya bisa mengakibatkan kolaps.

MUKA TAK SIMETRIS

Mengorek telinga juga bisa menyebabkan infeksi. Infeksi yang berat dan berada di tempat yang sensitif bisa menyebabkan kualitas pendengaran menurun, bahkan membuat muka jadi mencong (ingat mencong ya bukan bencong) :D atau tidak simetris.

Salah satu saraf yang terdapat di telinga adalah saraf facialis. Saraf ini berada di belakang liang telinga. Fungsinya menggerakkan otot muka dan sebagai bagian yang menunjang pendengaran. Meski saraf ini dilindungi tulang, namun jika infeksi atau gangguan lain sudah mengenainya, maka bisa mengakibatkan muka menjadi mencong, mata tak bisa ditutup, dan lainnya, yang disebut kelumpuhan saraf facialis.

Infeksi akibat mengorek terlalu keras bisa berbentuk seperti bisul yang bernanah. Infeksi bisa terjadi di liang telinga, kelenjar rambut, bahkan sampai ke bagian telinga tengah di belakang gendang. Selain karena mengorek, infeksi telinga tengah yang disebut congek bisa pula disebabkan oleh adanya infeksi di saluran nafas, yang berasal dari belakang hidung lalu merambat ke saluran tuba eskafius yang menghubungkan rongga di belakang hidung dengan telinga tengah. Jika produksi nanah semakin banyak, maka gendang bisa pecah atau bocor. Akibat selanjutnya, pendengaran akan terganggu.

Di dalam telinga terdapat banyak sekali saraf. Itulah kenapa telinga sangat sensitif. Ketika kita sakit amandel, sakit gigi atau radang tenggorokan, telinga juga terasa sakit, karena telinga kita dilalui saraf perasa. Saraf ini akan mengalihkan rasa sakit di daerah lain sampai ke telinga.

HINDARI MUSIK KERAS

Banyak hal bisa menjadi penyebab menurunnya kualitas pendengaran. Dalam gangguan taraf ringan, orang hanya akan mampu mendengar bunyi dengan kapasitas 25 – 40 desibel saja, taraf sedang 40 – 60 desibel, dan jika lebih dari 60 desibel berarti berada dalam taraf berat.

Kita sering merasa tak pernah mendengarkan musik keras-keras. Namun punya kebiasaan mendengarkan musik dari HP atau MP3 player dengan headset atau earphone. Sekalipun alat itu kecil, karena penggunaannya yang ditempelkan di telinga menyebabkan tingkat kekerasan suaranya mengalahkan suara bising kereta api. Kerusakan penurunan pendengaran karena hal ini bersifat permanen dan tak bisa disembuhkan.

Penyebabnya beraneka ragam, mulai kelainan di telinga luar hingga dalam. Kelainan di telinga luar bisa disebabkan adanya penyumbatan oleh getah telinga, benda asing, bisul, atau tumor. Gangguan di telinga tengah seperti gendang pecah, perdarahan akibat benturan pada kecelakaan, terputusnya rantai tulang pendengaran atau keluarnya cairan karena alergi.

Sementara di telinga dalam, gangguan berupa “pingsan” atau matinya sel rambut yang mengubah getaran mekanik jadi listrik lalu menyampaikannya ke otak. “Pingsan” atau matinya sel rambut disebabkan trauma bising, misalnya mendengar terlalu lama dan sering bunyi-bunyian yang amat keras, infeksi yang menjalar dari telinga tengah atau karena keracunan obat. Melalui peredaran darah, racun dari obat bisa sampai ke telinga dalam.

Penyakit seperti darah tinggi dan diabetes juga bisa mengurangi pendengaran. Pasalnya, penyakit ini bisa sebabkan rusaknya pembuluh darah. Akibatnya, telinga dalam sebagai terminal tak mendapat makanan yang cukup, Sejumlah makanan juga bisa menyebabkan penurunan pendengaran jika menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Contohnya garam, lemak dan rokok. Turunnya pendengaran karena darah tinggi, diabetes dan keracunan obat bisa menyerang dua belah telinga. Sementara penyebab lainnya hanya menyerang telinga yang mengalami gangguan. Perlu diingat, gangguan di satu telinga tidak menjalar ke
telinga yang lain.

Kebanyakan gangguan yang terjadi di telinga luar dan telinga tengah bisa diatasi. Sedangkan jika mengenai telinga dalam agak sulit. Kalau sel rambut di telinga dalam hanya “pingsan”, misalnya akibat mendengarkan musik disko selama dua jam saja, maka pendengaran akan kembali setelah beberapa lama menghindar musik keras ini. Namun, jika terlalu sering mendengar musik atau bunyi-bunyian yang amat keras, bisa saja sel rambut itu patah dan akhirnya kualitas pendengaran rusak berat. Umumnya hal ini tak bisa diperbaiki.

Pendengaran menurun yang permanen juga bisa ditemukan pada bayi dengan kelainan bawaan. Biasanya pada mereka bisa dilakukan tes refleks. Tes ini bisa dilakukan oleh orang tua yang merasa curiga anaknya tidak bisa mendengar. Caranya dengan membunyikan sesuatu di tempat tersembunyi, yang tidak bisa lihat matanya. Lihat saja, apakah saat mendengar bunyi ia langsung memberi respon atau tidak?

itulah sebagian informasi yang perlu kabayan sampaikan dengan harapan semoga bermanfaat,,,kade hilap di follow ssareng di share nya :)

Sabtu, 13 September 2014

Software Hebat Pengingat Waktu Sholat

Assalaamu 'alaikum doeloer langsung saja ye,,,dalam kesempatan kali ini +Kabayan Anom  mau kasih tau salah satu software yang sangat bermanfaat untuk kita semua dan kabayan do'akan untuk pembuat software ini semoga Alloh S.W.T meridhoi Nya.
kembali ke laptop :) kenapa kabayan katakan hebat? karena software ini bisa mengingatkan kita saat jadwal waktu sholat tiba jadi buat kamu,kamu dan kamu yang punya pekerjaan melototin monitor komputer dan kamu seorang muslim maka software ini wajib kamu pasang di PC kamu :)
disamping bisa mengingatkan jadwal waktu sholat secara otomatis,software ini juga bisa kita setting untuk mengingatkan hal lain misalkan jadwal puasa sunnah senin kamis atau waktu kita untuk persiapan sholat jumat :) serta masih banyak yg lainnya sesuai selera doeloer.gimana keren kan? nama softwarenya adalah shollu mungkin doeloer sebagian sudah ada yang punya dan doeloer2 belum punya bisa mendownloadnya disini tenang aja ukurannya kecil ko cuma 1 MB tapi besar manfaatnya.


berikut kabayan kasih tau cara install nya.
pertama setelah software selesai di download silahkan di ekstrak terlebih dahulu atau bisa langsung dari compressed rar itu sendiri.setelah itu mulai install dengan double klik program shollu.exe kemudian pilih bahasa yang ingin digunakan saat install,terdapat 2 bahasa yaitu english dan indonesia seperti gambar dibawah.
kedua setelah itu klik next/lanjut seperti gambar dibawah.
ketiga pilih/klik yang ditunjukan panah kemudian klik next/lanjut seperti gambar dibawah.
keempat klik next/lanjut dan apabila muncul dialog klik yes lalu next seperti gambar dibawah.
kelima silahkan klik yang ditunjukan tanda panas atau dihilangkan contrengnya pun tak apa krn itu hanya untuk menampilkan shortcut program di desktop jika doeloer mau :) setelah itu klik next/lanjut seperti gambar dibawah.
keenam klik install dan tunggu sampai proses install selesai seperti gambar dibawah.
ketujuh setelah install selesai doeloer bisa pilih launch shollu jika memang mau langsung jalankan program kemudian klik finish seperti gambar dibawah.
 dan taraaaa,,,alhamdulillaah install telah selesai,berikut tampilan program shollu seperti gambar dibawah.
sekarang doeloer2 tinggal setting sesuai selera :)
sebagai keterangan tambahan :
tab pengaturan program mencakup pilih warna,bahasa dimana disitu ada bahasa sunda,jawa,aceh,banyumas,palembang dan inggris.pemilihan suara adzan saat waktu shalat tiba dll
tab waktu sholat mencakup lokasi dimana kita berada agar jam sholatnya sesuai maka harus disetting
tab pesan utama mencakup pilihan waktu pesan yang akan muncul,misal waktu sholat apakah kita ingin memunculkan 5 menit sebelumnya atau ketika waktu tiba,sekedar saran alangkah baiknya dimunculkan pas waktu tiba agar tidak lupa :)
tab buat jadwal mencakup pembuatan jadwal
tab pesan tambahan mencakup pesan yang ingin kita tampilkan untuk waktu2 tertentu misal puasa sunnah senin kamis :)
tab konversi berfungsi untuk mengetahui konversi dari hijriah ke masehi atau sebaliknya.

nah mungkin itu yang bisa kabayan berikan dan jelaskan buat doeloer2,semoga bermanfaat :)
untuk hal2 yang masih kurang faham silahkan tanya di komentar dan jangan lupa follow ya :)
facebook Kabayan Anom
twitter @KabayanAnom
G+ Kabayan Anom

Subhanalloh Dahsyatnya Manfaat Wudhu

MANFAAT BERWUDHU SEBELUM TIDUR


Bismillah hirrahmaaniraahim
Memang ini kedengarannya sepele.Tapi jangan anggap enteng soal ini, pasalnya nabi senantiasa #wudhu sebelum tidur.
berwudhu,disamping bernilai ibadah juga bermanfaat besar bagi kesehatan . peneliti dari Universitas Alexsandria ,dr musthafa syahatah ,yang sekaligus menjabat sebagai Dekan Fakultas THT, menyebutkan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu.

Dengan ber-istisnaq (menghirup air dalam hidung) misalnya kita dapat mencegah timbulnya penyakit dalam hidung. Dengan mencuci kedua tangan ,kita dapat menjaga kebersihan tangan. Kita juga bisa menjaga kebersihan kulit wajah bila kita rajin berwudhu. Selain itu,kita juga bisa menjaga kebersihan daun telinga dan telapak kaki kita, artinya dengan sering berwudhu kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Lalu ,bagaimana jika berwudhu dilakukan sebelum tidur ?

Nah,para pakar kesehatan di dunia senantiasa menganjurkan agar kita mencuci kaki mulut dan muka sebelum tidur. Bahkan ,sejumlah pakar kecantikan memproduksi alat kecantikan agar dapat menjaga kesehatan kulit muka. Di samping itu tentunya anjuran untuk berwudhu juga mengandung nilai ibadah yang tinggi. Sebab ketika seseorang dalam keadaan suci,berarti ia dekat dengan Alloh S.W.T. Karena Alloh S.W.T akan dekat dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan #suci.

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu') maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap 'Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'". (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Hal ini juga ditulis dalam kitab tanqih al-Qand al-Hatsis karangan syekh muhammad bin umar an-nawawi al-mantany.
Dari umar bin harits bahwa nabi bersabda :”barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu ,maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan #syahid disisi Alloh.

Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan memperoleh posisi yang tinggi disisi Alloh. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa berwudhu sebelum tidur merupakan anjuran nabi yang harus dikerjakan bila seseorang ingin memperoleh kemuliaan disisi Allah.

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur
#Pertama, merilekskan otot-otot sebelum beristirahat. Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan. Bisa dibuktikan dalam ilmu kedokteran bahwa percikan air yang dikarenakan umat muslim melakukan wudhu itu merupakan suatu metode atau cara mengendorkan otot-otot yang kaku karna lelahnya dalam beraktifitas. Sangat diambil dampak positifnya bahwa jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka pikiran kita akan terasa rileks. Badan tidak akan terasa capek.
#Kedua, mencerahkan kulit wajah. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih. Ketiga, didoakan malaikat.
Dalam sabda Beliau yang disinggung pada bagian atas, malaikat akan senantiasa memberikan do’a perlindungan kepada umat muslim yang senantiasa wudhu sebelum tidur. Padahal malaikat adalah makhluk yang senantiasa berdzikir kepada Allah. niscaya do’anya akan senantiasa dikabulkan pula oleh Allah. Oleh karena itu, senantiasa berwudhu itu adalah hal yang wajib kita lakukan.
Fenomena Meninggal Dunia Saat Tidur Dalam Sunnah Jauh-jauh hari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sudah memberikan bimbingan dalam tidur agar tidak menimbulkan bahaya, di antaranya tidur sambil miring ke kanan, tidak tidur sambil tengkurap.

Diriwayatkan oleh al-Hakim dari Abu Hurairah radliyallahu 'anhu, Pernah suatu hari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melewati seseorang yang tidur tengkurap di atas perutnya, lalu beliau menendangnya dengan kakinya seraya bersabda, "Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang tidak disukai Allah Azza Wa Jalla." (HR. Ahmad dan Al-Hakim). Sesungguhnya sebab kematian itu bermacam-macam, namun kematian tetaplah satu. Selain Sleep Apnea masih ada sebab lainnya yang menjadi media datangnya kematian. Karenanya, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memberikan tips terbaik bagi umatnya dalam menghadapi kematian yang datangnya tak terduga ini. Disebutkan dalam Shahihain, dari sabahat al-Bara' bin Azib radliyallahu 'anhu,

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda kepadanya; "Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat." (HR. Bukahri dan Muslim). Dalam menjelaskan faidah dari perintah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ini, Al-Hafidz Ibnul Hajar menyebutkan hikmahnya, di antaranya yaitu: Agar dia tidur pada malam itu dalam keadaan suci supaya ketika kematian menjemputnya dia dalam keadaan yang sempurna. Dari sini diambil kesimpulan dianjurkannya untuk bersiap diri untuk menghadapi kematian dengan menjaga kebersihan (kesucian) hati karena kesucian hati jauh lebih penting daripada kesucian badan.

Imam al-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim menyebutkan tiga hikmah berwudlu sebelum tidur (yang maksudnya tidur dalam keadaan suci). Salah satunya adalah khawatir kalau dia meninggal pada malam tersebut. Abdul Razak mengeluarkan sebuah atsar dari Mujahid dengan sanad yang kuat, Ibnu Abbas radliyallahu 'anhuma berkata, "Janganlah engkau tidur kecuali dalam kondisi berwudlu (suci), karena arwah akan dibangkitkan sesuai dengan kondisi saat dia dicabut." Semoga bermanfaat.
subhanalloh,,,memang benar2 harus kita teladani setiap perbuatan Rosululloh S.A.W,,,wallohu 'alam
sumber : khazanah #islam

Kumpulan Sisindiran (Pantun Sunda) Bab Awewe / Wanita

Assalaamu 'a'laikum doeloer,,,apa kabar semua??? semoga baik segalanya ya :)
hemmmz,,,sudah lama rasanya ga posting,padahal kabayan teh sudah pernah bilang ya mau posting sisindiran
oke langsung saja buat urang sunda atau yang lainnya yang suka sisindiran silahkan dibaca aja ya kali aja dapat inspirasi :D kali ini kabayan seperti judul diatas akan menyuguhkan sisindiran bab awewe alias wanita plus yang pake nini2 juga hehe wilujeng maca!


Rincik rincang rincik rincang
aya roda na tanjakan
sidik pisan sidik pisan
nyai teh bogoh ka akang

Aya listrik di masigit
caangna ka Pabrik Kina
Aya istri jangkung alit
hanjakal teu di calana

Manuk ciung na pisitan
buah nona aratah keneh
dicium kunu kumisan
si nona kalahkah jebleh

Cangkang cau di pulungan
Cangkang leupeut di piceunan
Ari hulu di tiungan
Ari ....... di bikeunan (tebak w ku salira) :)

sugan teh mareme ateul
boro abdi gancang ngadek
sugan teh awewe bager
boro abdi gancang daek

kemis pahing kliwon wage
ngaran poe urang jawa
nu geulis ngising di kebon cabe
pohoeun urut na teu dibawa (heuheu piraku nya diwadahan)

salawe teh dua lima
mobil sedan cet na hejo
awewe jaman ayeuna
bisa dangdan teu bisa ngejo

kapinis murag na payung
macokan kembang kalapa
nu geulis tara di tiung
durukeun seuneu naraka

salawe teh dua lima
sate cingok di colok-colok
awewe jaman ayena
make androk pa pondok-pondok

ngala eurih ngala eurih
sapoe meunang sadapur
nyeuri peurih nyeuri perih
awewe kuring di rebut batur

rek ka Pasteur kahujanan
Balik gawe ka jalan layang
Aduh Lieur ngabandungan
Boga awewe loba kahayang

kapinis murag na payung
macokan kembang kalapa
nu gelis ulah ka duhung
menangken kuring nu kasep tea (hihihi PD w lah)

are-are daun pare
sayang manuk di buruan
awewe teu daek sare
hayang manuk nu buluan

meni hayang jambu amis
menangna kalah gumuyu
nyi iteung teh mani geulis
abdi nyebatkeun i love u

samangka seeur sikina
Dijual di pasar kemis
Eta saha nu nuju maca
Meuni seeur nu gareulis

Meulak Saledri sareung kangkung
Tangkalna dua ngahiji
Loba Istri ditariung
Hanjakal teu bisa Ngaji (deudeuh teuing)

Bangbara dina bangbarung,
kulit munding kahujanan.
Sangsara kuring dicandung,
gulang-guling ngan sorangan

Kaso pondok kaso panjang,
ngaroyom ka sisi leuit.
Anu denok anu leunjang,
ngaronom nu boga duit

Aduh éta hayam tukung,
naha bet los-los ka kolong.
Aduh éta mojang jangkung,
naha bét tonggongna bolong (moal jurig mah?) :D

Di dieu loba kanyéré,
hayang hiris dikapuran.
Di dieu loba awéwé,
hanjakal geulis dipupuran

Di dieu loba kanyéré,
hanjakal parentil kénéh.
Di dieu loba awéwé,
hanjakal carentil kabéh.

mang ajan nu ka ceu lilis,
mang ade nu ka teh lina,
sok sanajan henteu geulis,
tapi gede kanyaahna

daun turi jeung sarikaya,
potésna di kalaneuhkeun,
lamun istri geus sulaya,
pantesna dikumahakeun (sok kumaha coba) :)

Cikelét geuning Cikelét,,
Cikajang di daérah Garut,,
kapélét kuring kapélét,,
ku mojang nu gedé hitut

daun awi galeuh katapang,
ka Tunggilis dagang baso,
tos lami henteu patepang,
jeung nu geulis urang cikaso

kuda lumping jeung wayang golék_
ti Lakbok rék ka Tunggilis_
basa kuring leumpang dinu poék_
pa'amprok jeung awéwé geulis_

aya awewe ulin tipeuting
ngajak kacai jeung kang nana
lamun awewe make lejing
sok kaciri beulahan nana (kade ulah ngeres ah) :D

Loba Pare Dina Taneuh
Hargana duka sabarha
Aya Awewe Gede Reuneuh
Bapa'na Duka Saha (na'udzubillah nya)

Daun hiris dibeungkeutan,
Dibawa ka juru leuit.
Anu geulis ngadeukeutan,
Hayangeun dibéré duit.

Ti Lélés ka Kadungora
jalana mani molongpong
Baheula nini téh ngora
ayeuna mah enggeus ompong

hayu urang bareng ngecrik…
ulah poho mawa emberna…
kunaon mang ujang ceurik…
hayang nyusu ka nini na

kini kini kuang kuang
geutok geutok peupeundeyan
nini nini keur mendeyang
di bekok peperedeyan

manggih kunti di parigi
anak bogo na ayakan
nini nini lari pagi
ngadon mogok na tanjakan

aya jurig aya ririwa
nyai kunti dina ledeng
aya ijid aya ngewa
nini ngajak ngedeng (sare)

Ecet ecet oet oet
julung julung kini kini
tukang keset dinu poek
nyurung nyurung nini nini

Ka ci guha nganggon munding
mawa enteh ka saguling
itu saha mendi gining
singhoreng teh nini kuring

Meuleum manggu tengah poé
dicokélan kayu api
Malem minggu ninggang sué
diapélan aki-aki

nah sekian dulu doeloer pantun sunda untuk bab yang ini lain kali kabayan tambah,jangan lupa sharenya ye :)
ngarep.on.com hehe

Rabu, 30 April 2014

Kumpulan Sisindiran (Pantun Sunda) Bab Dewasa

Assalamu a'laikum doeloer...gimana kabarnya saat baca postingan kali ini? mudah mudahan ga lagi pada mules ya hehe...
heemmm...kayanya kalian langsung klik tautan nih pas baca judul postingnya! hayooo ngakuuuu??? (ko kamu tau kabayan??) apan kabayan qiqiqi...sebelum masuk ke inti sebelumnya kabayan mau minta maaf ya kalo kalo mungkin banyak isinya yang kurang enak dibaca alias kurang sopan...kabayan ingatkan ini cuma sisindiran oke! jadi cuma buat hiburan semata.dan satu lagi buat doeloer yang masih dibawah umur alias kurang dari 18 tahun harap bawa ortunya ya saat baca hehehe...
setelah beberapa waktu lalu kabayan posting Sisindiran bab Heureuy pasti ada yang baca bagian paling bawah "ulah hilap baca juga sisindiran (pantu sunda) bab Dewasa" sepertinya pada penasaran ya cuma link nya belum ada soalnya kabayan belum posting hihihi...(borokokok kamu mah kabayan!) ga papa lah asal jangan jadi bakakak :)


sesuai judul Sisindiran bab Dewasa karena isinya yaaa untuk orang dewasa kadang sedikit jorok hehehe...oke dech kalo doeloer2 ada yang penasaran dengan Sisindiran bab Dewasa ini pruung ah :

Lantera lampu lantera
Di kumbah di beresihan
hampura atuh hampura

jorok oge da sisindiran

Aya roda na tanjakan
katinggang ku pangpung jengkol
aya randa gogoakan
katinggang ku hulu.......(sok tebak)


rincik rincang rincik rincang
saladah gede beungketna
sidik pisan sidik pisan
nyiranda gede ........(sok tebak)


obat nyamuk katiup angin
nyangsang dina kandang domba
kuring ngamuk menta kawin
hayang pisan ka nyai randa

keur ngaronda katirisan
usum ngijih ngenah metis
aya randa geulis pisan
geulisna leuwih ti artis ....mana euy mana???

Meuli piring di Mang Ohan
Mayarna ku duit rebuan
Mun Silaing keur bobogohan
Eta leungeun ulah kakarayapan

kaduhung ngadu kaleci
meuli leupet di cabean
kaduhung boga salaki
liang ...... ngagedean (sok tebak)

ngaguruh ku kendaraan
mobil fiat mobil VW
teuparuguh rarasaan
tos teu kiat hoyong ....(sok tebak)


jalan-jalan ka kota bogor
tong poho meli batagor
aya naon di jero kolor
hiji pestol dua pelor

kacang etek kacang etek
ngukuy belut d walungan
akang getek akang getek
gera cabut lalaunan

pita naon pita naon
Pita hideung na kalapa
Eta naon eta naon
Anu kembung dina dada

Papatong euntrep na rega
di cepret ku karet geulang
montong deukeut kanu egang
bisi didempet teu bisa hudang

Pipiti di bunga wari
kaso panjang diteukteukan
Resep ka randa kiwari
sono nganjang deudeukeutan

Loba baju dioloan
kardus gedé disolatip
kanu nuju sosonoan
kadé bisi aya nu ngintip.


buah cabe di jieun sale
sale'na di tamah kemangi
duh cape tos di gawe
digawe'na tengah wengi

Aseupan Keur Turub Mangkok
Kanyere Jeung Daun Gedang
Ngeukeupan Awewe Montok
Sare Oge Sok Embung Hudang

Papanting Dina Tangkal Pare
Daun Mayang Di Buruan
Sapeuting Teu Daek Sare
Kabayang Anu Buluan


nah itu saja dulu kumpulan untuk sisindirin bab dewasanya,,,sok kalo ada yang mau nambahin mah di komentar aja ya.
coming soon Sisindiran bab Awewe (perempuan) hehe so sering sering aja mampir oke..

Sabtu, 26 April 2014

Kumpulan Sisindiran (Pantun Sunda) Bab HEUREUY

Assalamu a'laikum doeloer2 yang ganteng2 yang cantik2...post kabayan yang ini masih berhubungan dengan sisindiran alias pantun bahasa sunda hehe... (ko sisindiran mulu kabayan?) ya ini untuk kelestarian budaya bangsa indonesia yang sangat kaya doelor,karena berhubung kabayan made in sunda jadi kabayan berusaha budayakan budaya sunda pula boleh dooong.... ingat "Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Budayanya"


Oke langsung saja kabayan akan berikan koleksi sisindiran kabayan bab "heureuy" kenapa kabayan sebut Bab heureuy  karena isi dari sisindiran ini lebih pada hal2 yang bercanda dengan teman....pruuung ah :

Meuli jagong keur japati
jagongna teh di awurkeun
Eta beungeut jiga peti
Anu erek di kuburkeun

Lamun maneh boga keris
sok paehan lauk hiu
lamun maneh bisa basa inggris
sok naon hartina i love you

si abah bade ka cai
mawa odol mawa anduk
ulah tanggah na tangkal kai
bisi kapodolan manuk

gedang gepeng gedang gepeng…
buntut kuda hese ngukurna
kunaon mang …….. nonggeng
singhoreng hitut ka bawa bukurna

Kaso ponok kaso panjang
kaso ngaroyom ka jalan
kumis pondok jangot panjang
siga embe nu di jualan

Anak kuda di tanjung karang
ka ci kalong ka ci buntu
pemuda jaman sekarang
buuk gondrong banyak kutu

Di arab mah seeur onta
Onta na teh mawa keusik
cenah mah pejuang cinta
Mun ditolak langsung ceurik

Batu turun keusik naék
kalapa tonggoheunana
Itu purun ieu daék
sarua bogoheunana

Boboko ragrag ti imah
ninggang kana pileuiteun
Nya bogoh ulah ka semah
ari balik sok leungiteun

Pucuk tiwu akar bangban
amis mata disusukan
Mun rék milu geuwat dangdan
cimata geura susutan

Caang bulan opat belas
teu kaduga ku poékna
Aya bujang baju bodas
teu kaduga ku korétna

Cai mulang cai malik
cai ngocor ka astana
Panon burial buncelik
da kadempét étanana

Cau naon cau naon
cau kulutuk di juru
Bau naon bau naon
bau nu hitut di juru

Ki Hiang nu meunang nuar
disugu pikeun jualeun
Kahayang meunang nu beunghar
puguh mah jalma kuuleun

Manuk gaak macok kupat
kecok deui kecok deui
Diwedak reujeung disipat
dekok deui dekok deui

Pa Suma gawéna dahar
mun bedug bakal ditéwak
Percuma dibéré beunghar
mun budug saawak-awak

Pipiti dibunga wari
téténong dibobokoan
Lalaki jaman kiwari
hadé omong pangoloan

Sada ketuk sada kenong
sada suling eujeung goong
Huntuna nyénghol katémbong
lamun ngomong bau jigong

Manuk ciung na pisitan
buah nangka aratah keneh
dicium kunu kumisan
sabulan karasa keneh

jeruk purut Cikaruncang
jambu aér Wanayasa
camerut hayang ka bujang
susu laér teu karasa

ulah hayang mawa panci
mawa panci rejeung cai
ulah hayang ka lalaki
ka lalaki nu tara mandi

cau naon cau naon
cau atah di korangan
nya kunaon nya kunaon
mang..... ngan olangan

Abong-abong sangu konéng,
ngan dipaké keur sasarap.
Abong-abong kanu goréng,
ngan dipaké eukeur sérep

Deudeuh teuing jeruk purut,
keur konéng téh loba hileud.
Deudeuh teuing nu camberut,
keur goréng téh mindeng baeud

Ari lampit-lampit hoé,
méja mah da méja makan.
Ari nampik-nampik baé,
ulah bari jeung moyokan.

angsana tangkal angsana,
angsana sisi astana,
kamana atuh kamana,
kamana atuh cintana

papanting dina angsana,
aya engang na caringin,
mun peuting teu dicalana,
sok kaserang asup angin

samangka siki samangka,,
kacapiring kai kopi,,
teusangka geuning teusangka,,
taya kuring mani sepi.

tangkal kangkung daun manggu,
di korangan jeung sarikaya,
kirang langkung tos saminggu,
teu nepangan ka baraya..

bieu saha anu ka lebak,
bajuna mani kuleuheu,
ieu saha nu acan ibak,
bauna dugi ka dieu

samangka siki samangka,
cangkaléng mawa ti Serpong,
teu sangka geuning teu sangka,
si néng waosna ompong.

daun manggu jukut kalimusa,
mawa titiran ti Cipacing,
malem Minggu geus biasa,
dibaturan ku anak ucing.

meuyeum manggu dina karung,
tangkalna loba di tonggoh,
malem Minggu disasarung,
tandana teu boga kabogoh.

galatik dina babancik,,
papaisan beuleum koprah,,
hujan leutik ngaririncik,,
mapaésan melem Juma'ah..

piring héjo wadah kuya,,
boros huni jeung katapang,,
kuring sono ka baraya,,
nu tos lami teu patepang.

hangasa johar jeung hui,
nyikat geutah urut si Anya,
teu karasa geus lohor deui,
bakat betah hirup di dunya.

mulung baju anu kumel,
hanjuang seureuh diala,
kanu nuju barangdamel,
hayu urang reureuh heula

kamuning tangkal angsana,
daun dédi ubar beuteung,
kieu geuning karasana,
jadi jalma anu ganteng...

hayang teuing nginum dawet,
dawet buket nu mang Dana
hayang teuing sangu liwet,
liwet haneut reujeung peda.

nyepeng piring naha tibalik,
saga nu doyong kahujanan,
meungpeung kuring boga milik,
saha nu hoyong dijajanan.

ngala titiran reujeung bueuk,,
ngala hurang na leuwi bala,,
ngarah pikiran henteu bunek,,
hayu urang ngopi heula..

kongkorong manggih ti buruan,,
hariwang bisi nu si Manda,,
nongkrong bari gigitaran,,
ngahaleuang kawih sunda..

katun karton cibaduyut.
jok karet mahal batina.
lamun nonton acara dangdut.
sok resep ningal artisna

ocon ulin di buruan
aya odeng nyeureud hulu
Naon Eta Anu Buluan
Singhoreng Hileud Bulu

Kacikadu Pamipiran
Kacipadang ka kersamanah
Hayu Urang Sisisndiran
Pangbeberah kana manah

Naha cau teu buahan
sihoreng comro teh lada
Saha itu nu janggotan
sihoreng Mang .....

majar maneh mawa pacul
hanjakal kalah ka ngejo
majar maneh anak gaul
hanjakal waosna hejo

Mani caang bulan purnama
Gedena sagede ban kapal
Kahayang jadi sarjana
Raraban teu apal apal

cau kepok keur rumégang
dieunteupan bondol héjo
keur dekok katambah égang
ditambahan olol lého


Nah itu beberapa contoh sisindiran bab heurey  dan insyaAlloh akan kabayan tambah bila ada koleksi baru.
ulah hilap baca juga sisindiran (pantu sunda) bab Dewasa.